SEKOLAH IKATAN DINAS MASIH FAVORIT

Rate This

Sekolah kedinasan masih merupakan tujuan favorit lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA). Jumlah pelamar tiap tahun terus meningkat, karena pada umumnya para orangtua juga ingin anaknya dapat lulus pada salah satu sekolah kedinasan tersebut. Mereka berpikir kalau anaknya lulus pada salah satu sekolah kedinasan maka kemungkinan besar akan menjadi pegawai negeri dan mempunyai masa depan yang baik dibandingkan lulusan PT yang masih belum jelas kemana arah pekerjaannya nanti setelah tamat kuliah.
Berita dibukanya pendaftaran di tujuh Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID) ini merupakan kabar gembira bagi putra-putri terbaik lulusan Sekolah Menengah Umum (SMU) sederajat. Ketujuh LPID ini membuka kesempatan 5.940 kursi calon siswa mulai tahun 2016.
Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmadja mengingatkan, agar para calon pendaftar benar-benar mencermati setiap informasi dari masing-masing lembaga sekolah ikatan dinas. “Selain memerlukan persyaratan tertentu, pendaftaran hanya boleh dilakukan pada satu pendidikan sekolah dinas. Kalau mendaftar lebih dari satu, akan dicoret,” ujarnya di Jakarta, Selasa (22/03/2016).
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mulai tahun 2016 ini pendaftaran dilakukan secara online melalui portal panseldikdin.menpan.go.id. Dengan sistem pendaftaran terpadu ini, maka tidak ada satu orang atau pihak manapun yang dapat membantu kelulusan dengan kewajiban menyediakan uang dalam jumlah tertentu.
Peserta hanya boleh mendaftar di salah satu dari 7 (tujuh) Kementerian/Lembaga Pendidikan Kedinasan. “Apabila mendaftar di dua atau lebih Lembaga Pendidikan, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur. Peserta dapat mengikuti pendidikan apabila telah dinyatakan lulus keseluruhan tahapan seleksi, ” ujar Setiawan.
Untuk pengangkatan menjadi CPNS, dilakukan setelah dinyatakan lulus serta memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan yang bersangkutan dan ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari Kementerian/Lembaga yang bersangkutan dan Pemerintah Daerah berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB. “Jadi, meskipun sudah diterima di lembaga pendidikan ikatan dinas tersebut, tidak otomatis diangkat menjadi CPNS,” imbuhnya.
Adapun Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID) diantaranya :
1. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN
2. Istitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)
4. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)
5. Akademi Imigrasi (AIM) dan Poltekip
6. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG)
7. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Bagi yang berminat untuk mengikuti pelatihan Akademik untuk dapat masuk sekolah kedinasan tersebut di atas silahkan mendaftar pada alamat berikut ini :
LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR(LBB) QUANTUM LEARNING
JL. ABDULLAH LUBIS NO. 18 H MEDAN HP. 081269438538

Advertisements