TES KARAKTERISTIK PRIBADI (TKP)

Tes Karakteristik Pribadi CPNS/CASN adalah merupakan rangkaian tes CPNS/CASN yang termasuk ke dalam kategori tes psikologi. Tes ini adalah merupakan tes yang akan mengukur kemampuan peserta tes CPNS/CASN dalam beberapa hal, yaitu:

Integritas diri

Tes ini disadari atau tidak adalah merupakan tes yang mengukur tentang Integritas diri. Dimana tes ini bisa dijadikan acuan kesesuaian tingkah laku peserta terhadap perkataan dan perbuatan yang dilakukan. Biasanya kualitas kepribadian seseorang berbanding lurus dengan integritas dirinya. Seseorang yang memiliki visi besar tanpa integritas, maka visi tersebut hanya sekadar retorika belaka, tidak akan pernah tereksekusi untuk diwujudkan.

Semangat berprestasi
Tes Pribadi juga akan mengukur tentang semangat peserta dalam berprestasi, terutama di lingkungan kerja. Hal ini akan dapat terlihat dari jawaban jawaban peserta yang diberikan. Apakah seseorang adalah merupakan orang yang memiliki semangat dalam menorehkan prestasi, ataukah dia seorang yang lurus lurus saja.

Kreativitas dan Inovasi
Kemampuan seseorang dalam berkreativitas dan berinovasi akan berbeda satu sama lain. Dengan reformasi pengadaan CPNS/CASN, pemerintah sangat membutuhkan dan mencari seorang abdi negara yang memiliki kreativitas tinggi dan bisa memberikan inovasi baru dalam lingkungan kerja.

Orientasi pada pelayanan
Seorang Abdi negara haruslah memiliki “jiwa yang bisa melayani”. Abdi Negara adalah abdi masyarakat – seseorang yang harus bisa melayani masyarakat tanpa pamrih. Kenyataan ini seakan berbanding terbalik dengan keadaan PNS saat ini, oleh karena itu tes ini akan sangat menentukan kelulusan seorang peserta ujian.

Orientasi kepada orang lain
Point ini menekanklan kepada tanggung jawab pekerjaan, dimana setiap pekerjaan haruslah selalu mengedapankan kepentingan orang lain diatas kepentingan diri. Kepentingan masyarakat dan segala hal yang mengangkut hakat orang banyak harus didahulukan diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Kemampuan beradaptasi

Tes Karakteristik Prbadi walaupun kadang terkesan mudah, tetapi banyak hal rahasia yang terkandung di dalamnya. Kemampuan membaca psikologi seseorang memang bukanlah tanggung jawab peserta ujian, melainkan seorang psikiater – akan tetapi dalam hal ini jawaban seorang peserta ujian sangat menentukan langkah ke depannya.
Kemampuan beradaptasi dalam test karakteristik pribadi CPNS/CASN menekankan pada point penilaian bahwa seorang abdi negara harus bisa segera beradaptasi dengan lingkungan, bagaimanapun itu kondisinya. Seseorang yang bisa beradaptasi dengan mudah, akan semakin memudahkan kelulusan tes ujian anda.

Kemampuan mengendalikan diri
Tes ini juga mengukur kekuatan anda mengendalikan diri anda sendiri. Bagaimana jika posisi anda terjepit, bagaimana jika posisi anda sedang dimarahi atasan dan lain sebagainya. kemampuan mengendalikan diri akan menjadi titik ukur penilaian karakter seseorang, apakah dia seorang pemarah, pemaah, acuh tak acuh dan lain sebagainya

Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
Kemampuan seseorang dengan kemampuan orang lain akan berbeda, oleh karena itu test karakteristik pribadi ini bisa memberikan gambaran mengenai kemampuan peserta tes satu dengan peserta lainnya. Tes ini akan mengukur kemampuan anda dalam posisi sulit dan mudah dalam pekerjaan, dan kadang dikaitkan dengan posisi dan waktu yang tidak tepat. Jawaban yang diberikan untuk menjawab tes ini adalah “kejujuran”. Jangan sampai dalam menjawab tes ini terkesan dibuat buat, karena jawaban satu dengan jawaban lainnya akan saling berkaitan, dan disaat anda menuliskan jawaban yang dibuat dan terkesan dipaksakan – maka seorang psikiater atau penilai akan mengetahuinya.

Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
Adakalanya seseorang malas dalam belajar, dan ada juga seseorang yang selalu mencari dan haus dalam mencari ilmu baru. Seorang aparatur negara diharapkan memiliki kemauan untuk selalu belajar. Karena bagaimanapun, pemerintah yang baik akan selalu berkaitan dengan Sumber Daya Manusia yang dimilikinya. Semakin tinggi pendidikan seseorang bisa meningkatkan kualitas dari pemerintahan itu sendiri.

Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
Bekerja di pemerintahan ataupun perusahaan kadang mengisyaratkan seseorang untuk bisa bekerja baik itu bekerja secara perseorangan ataupun bekerja dengan tim. Seorang abdi negara yang diharapkan adalah seseorang yang harus bisa bekerja baik itu sendiri ataupun tim, karena terkadang adakalanya seseorang yang selalu ingin bekerja sendiri dan tidak bisa jika dia harus bekerja sama dengan orang lain dan atau sebaliknya.

Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
Tes karakteristik Pribadi CPNS/CASN juga akan mengukur kemampuan seorang peserta tes disaat dia mengkoordinir, me“manage” dan memimpin orang lain. Seorang pemimpin haruslah bisa didengar dan diikuti, seorang pemimpin haruslah bisa memberikan contoh yang baik – bukan hanya bisa berbicara tanpa aksi darinya.